Sunday, August 4, 2013

Cara mudah membuat rumus terbilang di Excell



Ketika para pakar pembuat SPj membuat faktur, nota atau kwitansi di microsoft Excell seringkali repot dan sangat lama dalam penulisan “terbilang” dari angka yang tertera.

Mungkin ini adalah solusi bagi shobat dalam menulis terbilang secara otomatis tanpa mengetik manual (satu persatu) dalam Excel. Contohnya seperti ini; Rp. 26.976.000,00, maka terbilangnya akan tertulis secara otomatis sperti ini “Dua puluh enam juta sembilan ratus tujuh puluh enam ibu rupiah. Cara ini memungkinkan shobat untuk mengurangi kesalahan dalam penulisan terbilang.
Trik membuat nilai terbilang pada Excel 2007 ini sangat simple dan mudah. Ini bukanlah hal yang baru dan berbeda dari yang lain, hanya mempermudah dan membuat lebih simple untuk dipraktekkan.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.      Download [Rumus Terbilang] terlebih dahulu disini>>>>>> kemudian
2.      Bukalah [Microsoft Excell] dan
3.      Klik [Office Button] pojok kiri atas dan pilih [Excel Options]
 4.      Kemudian klik [Add-Ins] dan pilih [Go], maka muncul kotak dialog seperti di bawah ini :

Setelah shobat klik Go.... maka akan muncul kotak diaog seperti di bawah ini :

5.      Kemudian pilih [Browse] dan masukkan rumus terbilang dari tempat dimana shobat menyimpan file Downloatan tadi. Seperti pada gambar di bawah ini :

6.      Kemudian [klik OK], maka dengan sendirinya muncul terbilang pada Add-Ins. Seperti pada gambar di bawah ini ;
7.      Dan yang terakhir klik Ok.
8.      Udah dech,,,,,, silahkan shobat coba :

Nah sekarang kita mencoba untuk membuktikan rumus terbilang tadi Shob ikuti langkah-langkah dibawah ini: yang sabar shob ya,,,,,,, he,,he

Caranya penggunaan rumusnya gini shob:
1.      [Buka Microsoft Excell]
2.      Kemudian pada sheet kosong pada Excel tersebut antum tulis rupiah. misalkan di  [Cell C6] anda ketik angka ini 26976000 kemudian pada [Cell C8] tulis rumus ini [=terbilang(C6)] dan [tekan Enter], maka hasil terbilang dari angka yang anda ketik di Sel C6 tadi yaitu “Dua puluh enam juta sembilan ratus tujuh puluh enam ibu rupiah”.
Seperti pada gambar di bawah ini :

_Short Story:
Saya juga salah satu pembuat SPj di kantor shob karena profesi saya adalah TU bendahara, jadi yang biasa bantu bendahara dalam pembuatan laporan saya. Awalnya sy juga kerepotan dalam membuat Notanya dengan cara ngetik satu-persatu dari sekian banyak nota sehingga banyak yang salah shob. Singkat cerita; ada salah satu teman saya namanya Zainul Arifin, S.Si, sekalipun beliau sarjana Fisika tapi beliau juga pakar komputer yang ngajari saya dalam pembuatan rumus terbilang ini.
Setelah saya belajar eh ternyata gampang caranya....!! nah berawal dari sinilah sehingga saya mencoba untuk membantu memudahkan shobat dalam penulisan terbilang di Microsoft Excell. Jangan lupa di LIKE shob,,,,, thanks kunjungannya.

 “Selamat Mencoba”

1 comment: